Sinergi BUMN Antara BGR Logistics, PJB, & Semen Indonesia Untuk Pengelolaan Limbah B3 (Fly Ash & Bottom Ash)

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics telah menjalin kerjasama dengan PT Pembangkit Jawa-Bali (PJB) dan Semen Indonesia yaitu dalam hal Jasa Pengelolaan Limbah Fly Ash & Bottom Ash atau yang sering dikenal dengan FABA milik PT PJB di PLTU Air Anyir, Bangka – Bangka Belitung.

GM Pemasaran BGR Kantor Pusat, Indra Iliana, menjelaskan bahwa kerjasama tersebut merupakan bentuk sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dalam kerjasama tersebut, BGR Logistics menangani untuk sektor Pengangkutan FABA, baik via Darat maupun via Laut dengan menggunakan Armada Truk & Kapal Tongkang, serta untuk Pemanfaatannya diserahkan kepada pihak Semen Indonesia

"Untuk menyelesaikan satu siklus proyek Pengelolaan (read : Pengangkutan dan Pemanfaatan) FABA di PLTU Air Anyir ini, BGR mulai menanganinya sejak tanggal 06 - 29 Desember 2018 dengan kapasitas yang diangkut dan dimafaatkan yaitu sebanyak 5.000 ton dan InsyaAllah pada awal tahun ini kami akan melanjutkan untuk Pengelolaan FABA milik PJB di PLTU lainnya yaitu PLTU Suge, Belitung, Bangka-Belitung dengan estimasi total berat  yang sama,” ujar Indra.

Lebih lanjut Indra menerangkan, Pengelolaan FABA ini merupakan Proyek Pertama BGR dalam hal Penanganan Limbah B3, dimana proses Penanganan Limbah B3 merupakan salah satu Layanan Jasa dari BGR Waste Integrated Solution (BGR-WIS). Sebelumnya untuk Layanan Jasa BGR WIS, BGR juga telah melakukan sinergi BUMN dengan PLN yaitu untuk Penanganan Limbah Non B3 dan  Aktiva Tetap Tidak Beroperasi (ATTB). Melalui sinergi BUMN ini, diharapkan BGR Logistics memperluas pangsa pasar Pengelolaan Limbah B3 lainnya.